kasus laptop blue screen windows 10

11 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 – Apakah saat ini laptop kamu mengalami blue screen? Kondisi ini sering dialami pada perangkat komputer dimana pada monitor hanya menampilkan warna biru polos dan tulisan-tulisan error.

Kasus laptop blue screen ini merupakan kejadian yang sering terjadi pada hampir setiap orang. Emang apa itu sih blue screen? Apa penyebab terjadinya dan bagaimana cara mengatasi blue screen windows 10?

Apa itu Blue Screen?

bluescreen

Blue Screen atau Blue Screen of Death adalah masalah yang terjadi karena sistem operasi Windows tidak berjalan sebagaimana mestinya atau mengalami kesalahan (error) sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan (stop).

Kondisi ini biasa hanya terjadi pada sistem operasi Windows atau sistem operasi berbasis Windows (contohnya seperti pada beberapa mesin ATM atau sistem operasi ReactOS).

Sering kali komputer yang mengalami blue screen akan kehilangan data-data yang terdapat di komputer tersebut. Hal ini bisa saja terjadi karena blue screen munculnya sewaktu-waktu. Pada saat terjadinya blue screen, komputer menjadi error dan kamu belum menyimpan pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

Penyebab Blue Screen Pada Windows 10

bluescreen windows 10

Banyak faktor yang menyebabkan laptop mengalami blue screen, bisa dikarenakan software ataupun hardware yang ada di komputer tersebut.

Biasanya jika komputer atau laptop terjadi blue screen, maka di laptop tersebut akan menampilkan kode-kode errornya. Dari kode-kode pesan error tersebutlah kita dapat mengetahui apa penyebab laptop mengalami blue screen.

Berikut adalah faktor-faktor yang biasa mengakibatkan blue screen. Check this out yaa..

  1. Masalah Pada RAM
    Situasi blue screen ini dapat terjadi karena adanya kesalahan pada RAM kamu. Bisa saja karena pemasangan RAM nya tidak benar atau memang jika RAM nya sudah tidak dapat digunakan.
  2. Masalah Pada VGA
    Sama seperti pada kasus RAM, VGA kamu bisa saja bermasalah karena salah dalam pemasangannya. Kerusakan pada VGA biasanya akan muncul kode yang bertulisan VIDEO_TDR_ERROR, VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE atau VIDEO_SCHEDULER_INTERNAL_ERROR.
  3. Masalah Pada Processor
    Kondisi processor yang tidak stabil dapat menyebabkan masalah blue screen. Biasanya situasi ini terjadi karena kamu melakukan overclocking atau salah dalam melakukan konfigurasi. Error ini akan menampilkan kode seperti ini CLOCK_WATCHDOG_TIMEOUT
  4. Salah Install Driver
    Kesalahan pada menginstall driver VGA atau menginstall 2 driver secara bersamaan dapat menyebabkan sistem menjadi crash dan mengakibatkan blue screen.
  5. Error Pada Sistem
    Terkadang pada saat kamu mengupdate sistem kamu atau menginstal suatu program akan menyebabkan terjadinya bug. Hal ini bisa saja karena masalah pada virus atau masalah update yang gagal.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan CMD

Sebuah sistem operasi Windows memiliki sebuah program yang bernama Command Prompt atau yang disingkat dengan sebutan CMD. Melalui CMD ini kamu dapat melakukan berbagai operasi di komputer kamu termasuk cara mengatasi blue screen.

Berikut adalah yang kamu bisa lakukan untuk cara mengatasi blue screen windows 10 dengan CMD :

  1. Buka dan ketikkan CMD pada kolom pencarian Windows 10
  2. Selanjutnya kamu klik kanan Command Prompt dan klik Run as administrator
  3. Klik tombol Yes jika tampil jendela User Account Control
    cara membuka CMD
  4. Tuliskan perintah CMD sfc/scannow kemudian tekan Enter.
    perintah sfc scannow pada CMD
  5. Restart laptop kamu.

Apabila cara ini juga belum berhasil, kamu dapat melihat di bawah ini 10 Cara Mengatasi Blue Screen Windows dengan mudah. Selamat mencoba yaa..

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Tanpa Install Ulang

1. Merestart Komputer/Laptop

restart laptop

Hal pertama yang harus dicoba adalah dengan melakukan restart pada komputer. Restart dapat dilakukan dengan acara menekan tombol restart (pada PC).

Cara lainnya yaitu menekan tombol Power lama-lama sampai laptop mati dan tekan kembali tombol Power sampai laptopnya hidup kembali. 

2. Lakukan Repair Sistem Operasi

Repair Sistem Operasi

Cara repair sistem operasi ini mirip seperti pada cara menggunakan system restore, hanya saja cara repair ini memerlukan media berupa file sistem operasi dalam bentuk DVD ataupun bootable flashdisk.

Berikut cara melakukan repair sistem operasi:

  1. Silakan terlebih dahulu masuk ke menu BIOS. Caranya dengan melakukan restart pada komputer dan tekan tombol F2, Del, Esc pada saat proses booting. (Setiap merk laptop memiliki tombol yang berbeda, jadi silakan disesuaikan ya)
  2. Selanjutnya ubah boot menjadi DVD atau flashdisk (tergantung media apa yang Anda gunakan). Setelah diubah, jangan lupa simpan perubahan dengan mengklik Save Changes and Exit.
  3. Kemudian laptop akan restart dengan sendirinya. Nanti akan muncul tulisan pada layar komputer “Press any key to continue…” silakan Anda tekan tombol apa saja.
  4. Pada tampilan berikutnya, silakan ubah bahasa menjadi bahasa Indonesia dan klik Next
  5. Selanjutnya klik Repair Your Computer dan tunggu beberapa saat.
  6. Selesai.

3. Gunakan System Restore Windows

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan system restore pada komputer. System restore merupakan salah satu fitur yang ada pada setiap Windows untuk mengembalikan sistem pada keadaan semula sebelum terjadinya blue screen.

Cara melakukan system restore pada Windows:

  1. Matikan terlebih dahulu komputer Anda.
  2. Setelah itu, nyalakan dan tekan tombol F8 pada saat proses booting. Anda akan menemukan beberapa macam opsi Safe Mode, silakan pilih Safe Mode.
  3. Setelah berada pada Safe Mode, selanjutnya buka menu System Restore. Klik tombol/logo Windows > kemudian ketikkan Control Panel 
  4. Klik menu Recovery.
    Control Panel Recovery
  5. Selanjutnya klik Open System Restore > Next
  6. Kemudian silakan pilih tanggal sebelum terjadinya blue screen.
    System Restore Windows 10
  7. Kemudian Anda tinggal klik Next saja sampai muncul Finish dan klik Yes
  8. Tunggu saja sampai proses restorenya selesai.

Dengan menggunakan system restore ini, otomatis Windows akan restart dengan sendirinya dan proses restore pun dimulai. Silakan menunggu proses tersebut, apabila prosesnya telah selesai maka Anda dapat menggunakan kembali laptop tersebut untuk mengecek apakah masih mengalami blue screen atau tidak.

4. Lakukan Troubleshoot Windows 10

Troubleshoot merupakan salah satu fitur bawaan yang dimiliki Windows 10. Fitur ini memiliki peran untuk memperbaiki error yang kamu rasakan secara otomatis. Biasanya cara ini cukup efektif apabila masalah blue screen terjadi karena kesalahan dari sistem.

Cara melakukan troubleshoot windows 10 :

  1. Cari Control Panel melalui kolom search Windows
  2. Selanjutnya klik System and Security Security and Maintenance
    Troubleshoot Windows - menu security and maintenance
  3. Klik menu Maintenance kemudian klik Start Maintenance
    Troubleshoot Windows - Start Maintenance di Windows
    4. Selesai.

5. Update Sistem Windows 10

Sama halnya dengan handphone, notebook kamu juga membutuhkan update sistem untuk mengatasi bug yang bisa saja menjadi penyebab Windows mengalami blue screen.

Tidak cuma persoalan blue screen, update sistem juga perlu dilakukan secara teratur untuk melindungi performa Windows 10 kamu supaya masih nyaman dan aman dipakai.

Caranya mudah sekali, kok! Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu Settings di Windows kamu.
  2. Selanjutnya pilih Update & Security.
    menu update & security
  3. Klik tombol Check for updates.
    Check for updates Windows 10
  4. Selesai.

6. Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Virus juga bisa menjadi penyebab Windows terjadi blue screen, walau hal ini jarang terjadi. Jika komputer kamu mengalami blue screen karena disebabkan oleh virus, maka kamu hanya perlu melakukan scanning virus saja.

Pada Windows 10 sudah tersedia antivirus bawaan yang bernama Windows Defender. Antivirus buatan Microsoft ini cukup handal dalam membasmi virus yang ada di komputer.

Berikut cara melakukan scan Antivirus menggunakan Windows Defender :

  1. Ketik Windows Security pada kolom search Windows
  2. Kemudian klik Virus & threat protection
    scan menggunakan windows defender
  3. Lalu kamu klik Quick scan.
  4. Selesai.

7. Hapus Aplikasi yang Terakhir Diinstal

Aplikasi Terinstall

Sering kali masalah blue screen disebabkan oleh aplikasi tertentu. Biasanya aplikasi tersebut berkaitan dengan sistem. Sehingga kamu harus mencoba cara mengatasi blue screen windows 10 dengan uninstall aplikasi terakhir. 

Berikut cara uninstall aplikasi di Windows :

  1. Buka Control Panel (cari melalui kolom search)
  2. Klik menu Uninstall a Program
  3. Klik kanan pada aplikasi yang mencurigakan dan klik Uninstall

8. Install Ulang Driver VGA

Update Driver VGA

Pada kasus ini biasanya disebabkan karena tidak cocok atau tidak compatible pada saat install driver VGA. Langkah-langkah yang dapat kamu untuk cara mengatasi blue screen windows 10 yaitu dengan menghapus driver VGA dan kemudian install kembali driver VGA tersebut.

Jika kamu tidak ingin repot-repot reinstall driver VGA, update saja driver kamu ke versi terbaru.

9. Stop Melakukan Overclocking

Stop Overclocking

Melakukan overclocking ternyata dapat menyebabkan laptop kamu mengalami blue screen, lho. Kesalahan pada konfigurasi overclocking dapat menjadi penyebab yang utama.

Oleh karena itu cobalah untuk menghentikan kegiatan overclocking pada komputer kamu. Kamu juga dapat menghilangkan konfigurasi overclock dengan mengaturnya ke default.

10. Nonaktifkan Automatic Restart

Dalam kebanyakan kasus, Windows 10 itu biasanya sudah diatur untuk restart otomatis ketika terjadi error. Pada kondisi ini, tentunya kamu tidak memiliki waktu untuk melihat dan mencatat error STOP code pada layar blue screen.

Jadi, cara untuk mengatasi laptop blue screen windows 10 adalah dengan menghentikan error screen untuk beberapa saat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Klik kanan This PC pada komputer kamu.
  2. Selanjutnya klik Properties.
  3. Pada bagian sisi kiri kamu klik Advanced System Settings.
  4. Di bawah menu Startup and Recovery, klik Settings.
    nonaktifkan automatic restart 1
  5. Kemudian pada bagian menu System Failure, hilangkan centang pada tulisan Automatically restart.
    nonaktifkan automatic restart 2
  6. Selesai.

11. Lihat Kode Error Menggunakan Aplikasi

Kode Error Bluescreen melalui BluescreenView

Kamu juga dapat melihat kode error bluescreen dengan cara melihat file minidump.  Pada saat laptop mengalami blue screen, windows akan mencatat detail kasus yang terjadi pada file minidump yang tersimpan pada folder SystemRoot%\MEMORY.DMP

Berikut cara membaca error pada file Minidump :

  1. Download aplikasi BluescreenView dari NirSoft.
  2. Buka aplikasi tersebut dan perhatikan kode yang ditampilkan disana.

Kamu dapat mencari kode error tersebut pada halaman pencarian Google untuk mengetahui informasi penyebab masalah bluescreen serta cara mengatasinya. Adapun kode error Blue Screen Windows 10 yang sering terjadi yaitu seperti di bawah ini :

  • 0x000000C1 SPECIAL_POOL_DETECTED_MEMORY_CORRUPTION
  • 0x000000C2 BAD_POOL_CALLER
  • 0x000000C4 DRIVER_VERIFIER_DETECTED_VIOLATION
  • 0x000000C5 DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL
  • 0x000000C6 DRIVER_CAUGHT_MODIFYING_FREED_POOL
  • 0x000000C7 TIMER_OR_DPC_INVALID
  • 0x000000C8 IRQL_UNEXPECTED_VALUE
  • 0x000000C9 DRIVER_VERIFIER_IOMANAGER_VIOLATION
  • 0x000000CA PNP_DETECTED_FATAL_ERROR
  • 0x000000CB DRIVER_LEFT_LOCKED_PAGES_IN_PROCESS
  • 0x000000CC PAGE_FAULT_IN_FREED_SPECIAL_POOL
  • 0x000000CD PAGE_FAULT_BEYOND_END_OF_ALLOCATION
  • 0x000000CE DRIVER_UNLOADED_WITHOUT_CANCELLING_PENDING
  • 0x000000CF TERMINAL_SERVER_DRIVER_MADE_INCORRECT
  • 0x000000D0 DRIVER_CORRUPTED_MMPOOL
  • 0x000000D1 DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
  • 0x000000D2 BUGCODE_ID_DRIVER
  • 0x000000D3 DRIVER_PORTION_MUST_BE_NONPAGED
  • 0x000000D4 SCAN_AT_RAISED_IRQL_CAUGHT_IMPROPER_DRIVER
  • 0x000000D5 DRIVER_PAGE_FAULT_IN_FREED_SPECIAL_POOL
  • 0x000000D6 DRIVER_PAGE_FAULT_BEYOND_END_OF_ALLOCATION
  • 0x000000D7 DRIVER_UNMAPPING_INVALID_VIEW
  • 0x000000D8 DRIVER_USED_EXCESSIVE_PTES
  • 0x000000D9 LOCKED_PAGES_TRACKER_CORRUPTION
  • 0x000000DA SYSTEM_PTE_MISUSE
  • 0x000000DB DRIVER_CORRUPTED_SYSPTES
  • 0x000000E0 ACPI_BIOS_FATAL_ERROR
  • 0x000000EF CRITICAL_PROCESS_DIED
  • 0x000000E1 WORKER_THREAD_RETURNED_AT_BAD_IRQL
  • 0x000000E2 MANUALLY_INITIATED_CRASH
  • 0x000000E3 RESOURCE_NOT_OWNED
  • 0x000000E4 WORKER_INVALID
  • 0x000000E6 DRIVER_VERIFIER_DMA_VIOLATION
  • 0x000000F4 CRITICAL_OBJECT_TERMINATION
  • 0x000000FA HTTP_DRIVER_CORRUPTED
  • 0x00000108 THIRD_PARTY_FILE_SYSTEM_FAILURE
  • 0x00000101 CLOCK_WATCHDOG_TIMEOUT
  • 0x00000100 LOADER_BLOCK_MISMATCH
  • 0x00000114 VIDEO_SHADOW_DRIVER_FATAL_ERROR
  • dll.

Penutup

Itulah tadi 11 cara mengatasi blue screen Windows 10 dengan mudah yang dapat kamu coba saat ini. Jika kamu masih mengalami kendala, solusi akhirnya yaitu kamu bisa menginstall ulang Windows kamu.

Jika kamu memiliki kode error yang muncul pada saat blue screen, kamu bisa mengirimkan kode tersebut ke kolom komentar yaa. Mungkin saya dapat membantu sobat. Semoga bermanfaat yaa.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.