cara mengatasi laptop lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah dan Praktis

Cara mengatasi laptop lemot sebetulnya cukup mudah bila kamu sudah mengetahui triknya. Di bawah ini Admin akan menyebutkan langkah-langkah supaya laptop kamu tidak lelet kembali.

Cara memperbaiki laptop lemot dapat kamu lakukan dengan beberapa cara mudah jikalau kamu mengerti penyebab utama yang membuat performa laptopmu jadi menurun.

Di zaman sekarang, laptop jadi alat penting dalam memberikan dukungan pekerjaan atau pembelajaran. Laptop juga mempunyai bermacam tipe peranan dari yang sangat simpel untuk keperluan administrasi hingga sampai untuk pemain game dan pendesain yang memerlukan ukuran penyimpanan yang besar.

Tetapi seringkali juga, sesudah sekian tahun mempunyai laptop, laptop akan memiliki masalah. Diantaranya yang umum ialah laptop jadi lemot atau lambat. Hal itu, sudah pasti akan menghalangi beberapa tugas Anda yang semestinya dapat usai bisa lebih cepat.

Laptop lemot dapat disebabkan karena beberapa hal. Mengenal spesifikasi laptop cukup penting agar tepat dalam pemakaiannya. Misalkan, jika laptop Anda mempunyai RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk penyimpanan data dan perintah program.

Saat RAM Anda cuman sedikit tetapi Anda memaksain untuk isi banyak data atau software, maka hal itu akan membuat laptop Anda lemot.

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

penyebab laptop lemot

Sebelum mulai cara memperbaiki laptop lemot, sebaiknya kamu kenali lebih dulu apa akar persoalan yang membuat laptop lemot.

Ada faktor-faktor penyebab laptop lemot saat internetan atau bahkan juga saat tidak sedang beraktivitas sekalipun.

  1. Kebanyakan startup programs alias software yang berjalan di background secara automatis saat kamu menghidupkan laptop. Semakin banyak software, maka semakin lamban laptop saat booting.
  2. Umur harddisk telah terlampau tua. Makin tua type HDD pasti akan mempengaruhi perform laptop secara keseluruhan.
  3. Harddisk penuh oleh data pengguna. Bahkan seorang ahli menjelaskan harddisk yang penuh sampai 95% akan perlambat laptop sampai 50%.
  4. Kapasitas RAM yang begitu kecil, karena pada laptop-laptop dengan harga terjangkau RAM yang digunakan hanya sekitar di antara 2-4GB saja.
  5. Menjalankan kebanyakan software dalam satu waktu yang memberatkan performa RAM. Apa lagi jika multitasking software berat seperti Photoshop dan Premiere misalkan pada RAM 4GB.
  6. Kebanyakan add-ons pada browser, contoh Internet Download Manager, AdBlocker, dan yang lain. Secara tidak sadar, browser jadi terbeban dan memperlambat laptop saat internetan.
  7. Kebanyakan tab yang terbuka pada browser. Karena ini rupanya cukup memakan RAM laptop, apa lagi bila situs yang Anda buka mempunyai fitur auto-refresh.
  8. Laptop terserang virus yang bisa perlambat bahkan juga merusak laptop. Karena itu kamu harus siaga pada bermacam file meresahkan, baik online atau offline.
  9. Antivirus terlampau aktif. Walaupun software ini baik hilangkan virus, tetapi program antivirus yang berjalan di background pasti perlambat performa harddisk sekalian laptop.
  10. Jarang-jarang mengupdate sistem operasi, baik pengguna Windows atau MacOS. Karena sering up-date OS akan membenahi kekurangan yang mengakibatkan laptop jadi lemot.

Kumpulan Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk Windows 7, 8, 10

Sudah mengetahui kurang lebih mengapa laptop lemot? Kalau begitu, kamu mulai bisa menanganinya dengan cara yang paling sesuai penyebab utamanya.

Langkah menangani laptop yang lemot di bawah ini biasanya akan bermanfaat untuk beberapa pengguna OS Windows, seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Bahkan bisa saja tanpa program atau install ulang sekalipun, kamu tinggal ikuti cara-cara supaya laptop tidak lelet yang akan Admin bahas secara lengkap di bawah ini!

1. Menukar Harddisk (HDD) dengan SSD

cara mengatasi laptop lemot dengan ssd

Bila ternyata masalah datang dari harddisk (HDD), langkah pertama yang dapat kamu kerjakan ialah lakukan proses defrag untuk memberi kesegaran performanya kembali.

Jika cara mengatasi laptop lemot windows 7 dan yang lain ini rupanya masih tidak cukup baik, kamu dapat menukar ke HDD terkini atau memakai Solid State Drive (SSD).

Perbedaan HDD dan SSD tidak hanya pada performnya, pasti juga akan membuat proses booting jadi lebih cepat dan responsive.

Baca juga : 7 perbedaan HDD dan SSD, mana yang lebih baik?

Alangkah baiknya untuk memakai SSD cuman untuk menampung sistem operasi saja, karena ukuran SSD yang sekarang ini termasuk kecil dan harga yang lumayan mahal daripada HDD.

2. Lakukan Upgrade Kapasitas RAM

cara supaya laptop tidak lemot dengan tambah ram

Tidak hanya lakukan upgrade pada HDD, kamu bisa juga coba cara mengatasi laptop lemot pada Windows 10 dan yang lain dengan melakukan penambahan kapasitas RAM pada laptop yang kamu punyai.

Biasanya, pabrikan laptop akan memperlengkapi laptop kamu dengan kapasitas RAM sekitar di antara 2-4GB. Walau sebenarnya untuk jalankan software sekarang ini memerlukan laptop RAM 8GB, geng.

Karena itu, kamu dapat menambah RAM pada slot yang tersedia. Tetapi sebelumnya, yakinkan dulu jenis RAM (DIMM atau SODIMM), kapasitas, dan kecepatannnya, ya!

3. Lakukan Perawatan Hardware Secara Teratur

cara memperbaiki laptop lemot

Banyak orang yang kadang lupakan poin utama yang ini. Rupanya supaya perform laptop dapat terus ngebut, kamu perlu kadang-kadang lakukan perawatan hardware.

Tidak hanya membersihkan sampah laptop, minimal kamu harus juga lakukan cara mengatasi laptop lemot Windows 8 dan yang lain ini minimum satu tahun sekali, loh.

Langkah bersihkan laptop supaya tidak lelet dapat diawali pada kipas, motherboard, sampai pergantian thermal paste di bagian processor laptop, geng.

4. Matikan Startup Programs

matikan startup program

Startup Programs merupakan program yang secara otomatis terbuka saat pertama kali kamu menghidupkan laptop. Semakin banyak program yang jalan, akan membuat laptop kamu menjadi lelet.

Kamu dapat menonaktifkan Startup Programs dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard.  Setelah muncul Task Manager, kamu klik tab Startup dan kamu Disable kan pada program yang tidak ingin kamu jalankan.

5. Gunakan Aksesories Pendukung Laptop

cara atasi laptop lemot

Salah satu yang menyebabkan laptop lemot ialah overheat yang memengaruhi kinerja dan performa. Kamu dapat menambah aksesories contohnya cooling pad atau kipas tambahan supaya temperatur laptop selalu terlindungi.

Disamping itu kamu bisa juga memakai vacuum cooler yang bisa juga mengisap udara panas keluar yang kegunaannya sama untuk jaga temperatur laptop supaya selalu dingin.

Cara membuat laptop tidak lelet saat internetan dan beraktivitas yang lain ini terlihat sepele, tetapi efeknya cukup berasa, lho!

6. Lakukan Full Scan dengan Software Antivirus

cara mengatasi laptop ngelag

Lakukan scan virus sukses sebagai cara mengatasi laptop ngelag karena virus. Virus umumnya akan membuat performa laptop jadi lebih ekstra bekerja sehingga bisa menyebabkan lelet saat kamu pakai. Salah satunya jalan keluar masalah ini pastinya dengan software antivirus terbaik.

Banyak referensi software antivirus laptop yang dapat dipakai. Nah, Admin anjurkan untuk lakukan full scan secara teratur minimum satu minggu sekali.

Disamping itu, janganlah lupa untuk mematikan fitur automatic scan supaya antivirus tidak berjalan di background kamu dan membuat laptop kamu justru lebih lelet!

7. Uninstall Software yang Tidak Dibutuhkan

cara agar laptop tidak lemot

Pernah merasai laptop baru telah lelet walau sebenarnya baru kamu beli? Saat memakai laptop, Admin meyakini tentu kamu telah install banyak software sampai tidak terhitung banyaknya, kan?

Realitanya, beberapa dari software itu jarang-jarang kamu gunakan. Nah, untuk mengatasi laptop yang ngelag dan lemot, lakukan uninstall software yang tidak dibutuhkan itu, geng.

Cara mengatasi laptop lemot pada Windows 10 ini dapat lewat menu bawaan yang ada pada Settings atau memakai software uninstaller, seperti CCleaner dan yang lain.

8. Gunakan Software Versi Lama

cara memperbaiki laptop lemot

Eits, jangan sampai gengsi buat gunakan software lama! Masalahnya update software terkini walaupun memberi banyak fitur, tetapi bisa memberatkan perangkatmu.

Sebagai jalan keluarnya, kamu dapat lakukan cara mengatasi laptop lemot dengan meng-install software versi lama yang biasanya mempunyai fitur mendasar yang tidak berbeda jauh dibandingkan versi update-nya.

Misalkan saja kamu dapat menggunakan Adobe Photoshop CS6, Microsoft Office 2013, dan yang lain, geng. Di mana beberapa software itu pasti lebih enteng serta dapat kamu peroleh gratis, lho!

9. Pakai Software Booster

cara mengatasi laptop lemot saat internetan

Pemakaian yang kurang maksimal dapat membuat performa laptop lamban dan terganggu. Karena itu untuk memudahkan, kamu dapat meng-install software-software pendukung performa seperti software booster.

Banyak kok software yang dapat kamu coba, seperti CCleaner dan Advance System Care, dan lainnya. Cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang ini harus sekali kamu coba.

Software booster akan lakukan optimasi, seperti menghapus history browser, menghapus cookies serta cache, menghapus recycle bin, dan yang lain yang mempengaruhi performa laptop.

10. Bersihkan Sampah Laptop

Disamping itu, ada pula cara mengatasi laptop lemot dengan Temp, yaitu membersihkan Temporary Files yang tertimbun di laptopmu, geng.

Di bawah ini cara yang dapat kamu kerjakan untuk bersihkan sampah di laptop dengan perintah pada Run supaya laptop kembali ngebut.

  • Langkah 1 – Buka program Run dengan mengeklik simbol start dan tuliskan run pada kolom penelusuran. Atau kamu juga menekan tombol Windows + R.

cara membuat laptop tidak lemot

  • Langkah 2 – Sesudah proses penelusuran memperlihatkan program yang sama, klik program itu untuk buka jendela perintah pada program Run.
  • Langkah 3 – Tuliskan perintah %temp% pada program ini lalu pencet enter.

cara membuat laptop tidak lemot

  • Langkah 4 – Perintah ini akan memperlihatkan temporary files yang ada dalam laptop atau pada komputer yang kamu pakai.

cara membuat laptop tidak lemot

Sama seperti yang kamu lihat pada gambar contoh yang Admin masukkan, perintah ini akan memperlihatkan beberapa puluh sampai beberapa ratus temporary file yang ada dalam laptop kamu.

Kamu dapat meniadakan semua file ini, atau jika ada program tertentu yang ingin kamu jaga temporary file-nya, kamu dapat menelusurinya lebih dulu dan tidak mengikutkannya dalam proses penghapusan.

Cara ke-2 ini Admin sarankan bila kamu betul-betul ingin menjaga temporary file pada program tertentu.

Bila tidak, lebih bagus memakai metode membersihkan sampah di laptop yang pertama karena lebih efektif dalam tingkatkan performa laptop.

11. Hilangkan Virus di Laptop dengan CMD

Tidak hanya memakai software antivirus, kamu bisa juga memakai Command Prompt alias CMD untuk hilangkan virus yang mengakibatkan laptop lemot.

Cara mengatasi laptop lemot dengan CMD ini dapat diterapkan pada laptop atau PC atau computer dengan sistem operasi Windows semua versi. Perhatikan caranya, ya!

  • Langkah 1: Pertama, klik Start, dan tulis cmd. Bila ketemu, tidak boleh main klik saja. Kamu harus klik kanan untuk jalankan sebagai administrator. Jadi, Run as administrator.

cara menghilangkan virus di komputer 1

  • Langkah 2: Misalnya, yang ingin kamu incar ialah drive D, karena itu tulis dir D: attrib -s -h /s /d. dan pencet enter. Bila kamu ingin mengecek drive  selain D, maka kamu tinggal ganti saja ya huruf D dengan posisi drive yang kamu punyai.

cara menghilangkan virus di komputer 2

  • Langkah 3: Sesudah kamu lakukan itu, maka command prompt akan menjelajahi drive yang di pilih dan berisi semua file pada drive itu.

cara menghilangkan virus di komputer 3

  • Langkah 4: Selanjutnya, mencari file yang tidak biasa dengan format .EXE, yang kira-kira kamu tidak pernah install awalnya, hapus lewat command prompt ini.

cara menghilangkan virus di komputer 4

  • Langkah 5: Bila tidak dapat di hapus, kamu dapat search sendiri di Run, dan hapus file itu. Kamu bisa juga memakai REGEDIT yakni dengan Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukan nama file virus yang kamu dapatkan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada termasuk foldernya sekalipun.

cara menghilangkan virus di komputer 5

 

12. Install Ulang OS Windows

instal ulang windows

Jalan keluar terakhir untuk cara mengatasi laptop ngelag, lemot, atau hang dengan melakukan install ulang Windows, geng.

Di sini kamu dapat mengetahui penyebab laptop lemot. Apa error karena oleh software atau hardware. Misalkan saja laptop lemot sesudah update Windows.

Untuk lakukan install ulang OS Windows, Admin pernah bahas pada artikel lainnya. Triknya mudah dan kamu cuman cukup memakai flashdisk, loh!

Penutup

Nah, itulah cara mengatasi laptop lemot yang gampang dan mudah buat kamu kerjakan sendiri.

Admin percaya kamu dapat melakukan sendiri kok. Bagaimana pendapat kamu mengenai penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya barusan, geng?

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.